Empat cara menggunakan gim Among Us di kelas bahasa Inggris

Permainan peran (role-playing) daring yang bertemakan penyelesaian masalah (problem-solving) Among Us telah menggemparkan dunia. Dalam artikel ini, dosen Flora D. Floris dan rekan-rekan dari Universitas Kristen Petra Indonesia menyarankan empat kegiatan yang dapat digunakan guru untuk memanfaatkan permainan ini ke dalam kelas bahasa Inggris mereka.

Among Us adalah permainan daring yang dikembangkan oleh Innersloth dan dirilis pada Juni 2018, namun baru mulai dikenal pada tahun 2020, tepat ketika pandemi COVID-19 melanda. Data Google Play Store dari Desember menunjukkan bagaimana permainan ini telah mengumpulkan lebih dari 100 juta unduhan dan menjadi gim yang terbanyak diunduh dari Apple Store tahun lalu (Webster, 2020).

Gim ini menawarkan tiga lokasi sebagai latar belakang permainannya: pesawat ruang angkasa, pangkalan di atas permukaan Bumi dan pangkalan di suatu planet. Gim ini mengisahkan kru pesawat ruang angkasa yang mencoba bertahan dalam perjalanan mereka, hanya untuk mendapati adanya parasit pengubah bentuk (impostor) di antara mereka. Permainan ini bisa mengakomodir hingga total 10 pemain dalam satu kesempatan, termasuk tiga penipu.

Pemain diberikan kesempatan untuk memilih salah satu dari dua peran: kru atau penipu. Sebagai kru, seorang pemain harus berkeliling menyelesaikan tugas. Sebagai penipu, seorang pemain harus berpura-pura melakukan tugas yang diberikan sambil berkeliling membunuh rekan kru. Setiap kali ditemukan korban terbunuh, kru dapat mengadakan pertemuan darurat untuk mencari tahu siapa penipu di antara semua pemain. Permainan berakhir ketika penipu ditemukan.

Manfaat gim multipemain

Permainan multipemain, secara umum, menawarkan potensi lebih untuk memperkaya pemahaman bahasa Inggris yang dapat dibawa ke ruang kelas. Format permainan secara otomatis menyediakan lingkungan virtual yang kaya secara bahasa dan menantang secara kognitif. Bertemu dan bermain dengan pemain global dalam suatu dunia virtual yang disatukan dalam satu lingkungan berbahasa Inggris dunia akan membuat para pemain terpapar oleh cara pengucapan natural dalam Bahasa Inggris, beragam macam dialek Bahasa Inggris, dan berbagai fungsi dasar berbahasa—seperti bertanya dan menjawab pertanyaan, berbagi barang atau menanyakan lokasi, serta memberikan pujian dan peringatan.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki pengalaman langsung dalam suatu ruang digital yang menyenangkan, informal, dan interaktif adalah cara yang kondusif untuk mempelajari bahasa Inggris (Sylvén & Sundqvist, 2012). Ditambah, Among Us memiliki beberapa fitur khas dibandingkan dengan beberapa gim multipemain lainnya, yang mampu membawa manfaat tambahan di kelas Bahasa Inggris:

  • Sangat cocok untuk dimainkan oleh murid di satu kelas sebab dapat mengikutsertakan hingga 10 orang di dalamnya. Tergantung pada ukuran kelas, guru dapat menugaskan murid ke dalam kelompok untuk memainkan beberapa gelombang permainan.
  • Setiap putaran permainan berlangsung hingga 20 menit. Tidak memakan waktu lama untuk bermain, sehingga tidak mengganggu kelas.
  • Gim ini mendapatkan nilai 7+ di Play Store dan Everyone (E) di Apple Store. Mendapatkan kategori sebagai permainan yang aman dan tidak mengancam secara psikologis; dan dengan demikian, sangat cocok untuk beberapa murid yang lebih muda.
  • Permainan membutuhkan banyak interaksi sosial dan keterampilan deduksi. Setiap pemain harus mampu mengungkapkan pikiran mereka secara verbal tentang siapa penipu di antara mereka dan perlu mengajukan pembelaan diri jika dicurigai sebagai penipu. Selain itu, semua pemain harus bekerja sama untuk memenangkan permainan atau mencari tahu siapa penjahatnya.

Saran untuk melakukan aktivitas di ruang kelas

Meski banyak guru yang menyadari besarnya potensi pemanfaatan gim Among Us di ruang kelas Bahasa Inggris, menjahit permainan ini ke dalam aktivitas ruang kelas bisa cukup memberikan tantangan. Berikut adalah empat ide menyenangkan yang mungkin dapat menginspirasi guru untuk menggunakan gim Among Us ke dalam kelas Bahasa Inggris (ide sejenis dapat juga diaplikasikan ke dalam gim multipemain lainnya).

Kegiatan #1

  • Sebelum bermain, guru dapat memberikan bahasan mengenai fitur-fitur yang diharapkan dari penulisan paragraph deskriptif.
  • Guru menugaskan murid ke dalam kelompok-kelompok tergantung pada ukuran kelas dan meminta setiap kelompok untuk bermain Among Us selama satu putaran (maksimal 20 menit).
  • Permainan harus direkam dan disimpan.
  • Salah satu dari penipu dan salah satu anggota kru juga perlu mencatat hal-hal penting yang terjadi atau strategi yang mereka gunakan.
  • Setelah bermain (dan merekam permainan), tugas selanjutnya adalah membuat sebuah tulisan deskriptif tentang pengalaman bermain dari sudut pandang penipu dan kru. Penulisan dapat didasari oleh rekaman dan catatan yang dibuat selama permainan.
  • Murid kemudian menyerahkan rekaman dan hasil tulisan mereka kepada guru.

Kegiatan #2

  • Guru dapat mencari rekaman orang-orang yang pernah memainkan gim ini sebelumnya sebagai acuan (rekaman tersebut dapat ditemukan dengan mudah melalui YouTube).
  • Guru menugaskan murid untuk menonton video dan memperhatikan ekspresi bahasa yang digunakan ketika gamer sedang berdiskusi untuk menemukan penipu.
  • Guru kemudian meminta murid untuk mencatat pembahasaan dan dialog yang telah mereka perhatikan dari video.
  • Lakukan sebuah diskusi kelas.
  • Sebagai kegiatan lebih lanjut, mintalah murid untuk: Membuat percakapan singkat (atau permainan peran) di mana karakter menggunakan ekspresi bahasa yang telah mereka pelajari; atau memainkan permainan sambil menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah mereka pelajari (permainan harus direkam dan diserahkan kepada guru).

Kegiatan #3

  • Banyak artikel daring beredar mengenai gim Among Us. Guru dapat memilih satu atau dua artikel untuk pelajaran membaca.
  • Guru meminta murid untuk menemukan ide pokok, informasi spesifik, kosakata yang kompleks, dsb., berdasarkan teks bacaan yang dipilih.

Kegiatan #4

Untuk kelas menulis, guru dapat meminta murid untuk diantaranya:

  • Menulis esai perbandingan anatar gim Among Us dengan gim multipemain populer lainnya.
  • Sebuah esai naratif atau deskriptif yang menggambarkan pengalaman mereka dalam memainkan gim Among Us.
  • Poster yang menyajikan beberapa tips bermain Among Us. (Sebagai alternatif, guru dapat meminta murid untuk membuat tips sebagai penipu atau kru saja).

Banyak akademisi setuju bahwa permainan multipemain memberikan konteks yang bermakna untuk penggunaan bahasa, mendorong murid untuk berkomunikasi dan membantu murid mempertahankan minat dan usaha mereka dalam mempelajari suatu bahasa.

Kami menuliskan saran-saran di atas mengenai cara menghadirkan Among Us ke dalam kelas Anda dengan keyakinan bahwa pembelajaran bahasa dan permainan dapat berjalan bersama-sama, dan penggunaan permainan untuk mendukung pembelajaran di kelas bukanlah suatu hal yang sia-sia.

Referensi

Innersloth. (2020). Among Us. https://www.innersloth.com/gameAmongUs.php.

Sylvén, L. K., & Sundqvist, P. (2012). Gaming as extramural English L2 learning and L2 proficiency among young learners. ReCALL, 24(3), 302-321.

Webster, A. (2020, December 2). Zoom and Among Us dominate Apple’s most downloaded charts in 2020. The Verge. https://www.theverge.com/2020/12/2/21890489/apple-iphone-ipad-most-downloaded-2020-chart-zoom-among-us.

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan gim multipemain di kelas Anda? Apakah ini sesuatu yang kerap dilakukan murid Anda di luar jam sekolah? Jika Anda pernah menggunakan jenis permainan ini sebelumnya, hasil pembelajaran apa yang ingin Anda capai dan apakah pengalaman tersebut membawa keberhasilan bagi kelas Anda?