Siswa memantau pembelajaran mereka bersama Profesor Geoff Masters

Dalam video hari ini, majalah Teacher duduk bersama CEO Australian Council for Educational Research (ACER), Profesor Geoff Masters AO, untuk membahas mengapa penting bagi siswa untuk dapat memantau kemajuan diri mereka.

Menurut Prof. Masters, penting bagi siswa untuk memiliki pemahaman akan apa yang diharapkan dari mereka, bahwa mereka terlibat dalam proses penetapan tujuan pembelajaran mereka sendiri dan bahwa mereka berkesempatan untuk memantau kemajuan yang mereka lakukan dalam pembelajaran mereka.

“Bukan hanya soal menilai dan memberikan nilai kepada siswa tentang sebaik apa mereka telah dididik, tapi mereka sendiri perlu berpikir – ‘Saya sudah sampai di mana? Kemajuan apa yang sudah saya capai? Apa selanjutnya?’”, kata Prof. Masters.

“Ini penting, karena salah satu cara paling efektif untuk membangun kepercayaan diri siswa dalam kemampuannya belajar adalah membantu mereka melihat kemajuan yang mereka capai dan saya pikir sudah terlalu sering di sekolah kita, kita tidak membantu siswa untuk melihat bahwa mereka memang membuat kemajuan seiring berjalannya waktu.”

TONTON VIDEO

Keterangan/subtitel tersedia dalam Bahasa Indonesia untuk video ini. Klik pada tombol setting untuk mengaksesnya.

Professor Geoff Masters telah menulis secara ekstensif mengenai topik asesmen dalam kolom bulanannya di majalah Teacher.

ACER sedang menguji pendekatan yang baru dalam asesmen melalui program ACER Certificates in Mathematics and Reading. Terbuka untuk semua siswa di Australia, sertifikat tersebut mengakui keunggulan dan melakukan asesmen terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa, terlepas dari tahun ajaran sekolah. Kunjungi situs web untuk informasi lebih lanjut.

Profesor Geoff Masters mengatakan, bahwa salah satu cara paling efektif untuk membangun kepercayaan diri siswa dalam kemampuannya belajar adalah membantu mereka melihat kemajuan yang mereka capai.

Bagaimana Anda memantau kemajuan siswa? Bagaimana informasi ini tersedia untuk siswa? Seberapa sering Anda memberikan masukan kepada siswa tentang pembelajaran dan kemajuan mereka? Apakah siswa menyadari langkah-langkah mereka selanjutnya dalam pembelajaran dan bagaimana mereka dapat terus berkembang menjadi lebih baik?