Video: Andreas Schleicher tentang bagaimana sistem pendidikan merespon COVID-19

Belum lama ini Teacher berbincang dengan Andreas Schleicher, Direktur Pendidikan dan Keterampilan OECD, untuk membahas cara-cara sekolah menghadapi segala rintangan di tahun 2020. Dalam video pendek ini, Schleicher berbagi tentang bagaimana berbagai negara memastikan bahwa kegiatan belajar-mengajar tetap dapat terus berjalan selama COVID-19.

Menurut Schleicher, teknologi yang digunakan di China selama periode lockdown sungguh mengesankan. Di saat bersamaan, sekolah di Bogota juga dapat membuktikan fleksibilitas dan kreativitas dalam mengajak murid belajar melalui penggunaan televisi dan ponsel.

“… dalam situasi krisis, sebagai seorang kepala sekolah, misalnya, janganlah terpaku pada pertanyaan tentang apakah orang-orang akan mengikuti instruksi yang Anda berikan. Sebaliknya, tanyalah hal ini kepada diri Anda sendiri, “Sebaik apa semua pihak akan dapat berkolaborasi dengan baik?” Dan memang hal inilah yang jelas terlihat dalam situasi krisis seperti sekarang. Sekolah dengan tingkat penghargaan atas otonomi profesional yang tinggi serta yang dapat bekerja baik dalam suatu budaya kolaboratif adalah mereka yang dengan mudah beradaptasi terhadap berbagai perubahan yang dibawa oleh COVID-19,” jelas Schleicher.

TONTON VIDEO BERIKUT

Keterangan/subtitel tersedia dalam Bahasa Indonesia untuk video ini. Klik pada tombol setting untuk mengaksesnya.

Dalam episode podcast terbaru, Global Education Episode 20, Andreas Schleicher menjelaskan lebih lanjut mengenai gagasan tersebut dan masih banyak lagi.

Subscribe kanal YouTube Teacher hari ini dan jangan ketinggalan video-video terbaru!