Video: Aktivitas Matematika untuk bilangan bulat

Kembali di tahun 2022 dengan seri regulernya untuk majalah Teacher, guru Matematika Holly Millican membagi tiga ide aktivitas belajar yang ia gunakan di kelasnya untuk menambah keterlibatan murid dalam mempelajari bilangan bulat.

“Saya biasa melakukan aktivitas ini untuk kelas 7 (umur 12 dan 13), dan saya kerap mengombinasikan banyak aktivitas yang sifatnya hands-on sebagai pendekatan di masa transisi murid dari gaya belajar matematika yang biasa mereka lakukan di sekolah dasar menjadi gaya belajar yang lebih mirip dengan yang dilakukan oleh murid sekolah menengah atas,” bagi Millican di videonya. “Seluruh aktivitas yang saya coba pada dasarnya berfokus pada pemanfaatan sumber daya dan pendekatan yang sifatnya hands-on yang benar-benar mampu melibatkan murid dalam suatu proses belajar.

"Aktivitas ini tentu dapat diatur untuk menambah ataupun mengurangi tingkat kesulitan yang sesuai untuk kelas Anda, juga dengan menambahkan sumber daya alternatif yang dapat diadaptasi menyesuaikan konteks sekolah Anda."

Millican membagi tiga ide aktivitas: Putar Bean Bag, Kocok Dadu, dan Jeopardy.

Saksikan videonya untuk mendengar bagaimana ia memanfaatkan aktivitas tersebut di ruang kelasnya untuk menjangkau minat dan membangkitkan keterlibatan muridnya dalam pelajaran.

TONTON VIDEO BERIKUT

Subtitle tersedia dalam Bahasa Indonesia untuk video ini. Klik pada tombol pengaturan untuk mengaksesnya


Di video ini, Holly Millican membagi bagaimana ia menggunakan berbagai aktivitas yang dapat membantu mengatasi miskonsepsi yang kerap dialami muridnya. Pikirkanlah topik-topik yang sebentar lagi perlu Anda ajarkan kepada murid. Bagaimana cara Anda memastikan terjadi atau tidaknya miskonsepsi selepas akhir pelajaran?

Subscribe kanal YouTube Teacher hari ini dan jangan ketinggalan video-video terbaru!